PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA

PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA
Kegiatan projek P5

PELAKSANAAN P5 ( PROJEK PENGUATAN PROFIL PELAJAR PANCASILA )

Projek pelajar Pancasila adalah Gambaran seorang para pelajar di Indonesia yang merupakan pelajar yang kompeten, berkarakter, dan berprilaku sesuai dengan nilai nilang yang terkandung dalam Pancasila itu sendiri. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila ( P5 ) merupakan pembelajarn lintas disiplin ilmu dalam mengamati dan memikirkan solusi terhadap permasalahan dilingkungan sekitar untuk menguatkan berbagai kompetensi dalam profil pelajar Pancasila.

Menurut peraturan menteri pendidikan, kebudayaan, riset, dan teknologi republik Indonesia No.55/M/2022 Kegiatan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila merupakan kegiatan kokurikuler berbasis projek yang dirancang untuk menguatkan upaya pencapaian kompetensi dan karakter sesuai dengan profil pelajar Pancasila yag disusun berdasarkan Standar Kmetensi Lulusan. Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) pembelajaran yang baru dimunculkan pada sekolah penggerak.

Dan pada tanggal 3 – 7 Juni 2024. SMAN 3 BANJAR mulai untuk melaksanakan kegiatan P5 pada fase F dan E,  untuk tema dalam projek di fase F adalah “ Bangun lah jiwa dan raganya ” dengan topik “ Sehat Jiwa, Raga Dan Spiritual Menuju Generasi Gen Z Yang Berdaya Saing ” Deangan teman dan topik di atas di harapkan akan membentuk peserta didik dengan karakter Pancasila dan ketahanan diri yang kuat sesuai dengan keseimbangan olah rasa, olah pikir, olah raga dan olah karsa seperti apa yang pernah dicetuskan oleh ki hadjar dewantara. Projek diharapkan dapat memberi kesempatan kepada pihak sekolah, pendidik dan peserta didik khususnya, untuk mengerti dan menyadari pentingnya kesejahteraan dirinya dalam kehidupannya sehari-hari terutama kegiatan pembelajaran di sekolah. Dengan metode Student centered di harapkan agar siswa dan siswi dapat meningkatkan perkembangan kemampuan kritis dari para siswa dan siswi. Selain itu, di harapkan juga dapat menghasilkan banyak hal hal posited untuk diri mereka sendiri dan orang lain.

Dan untuk tema projek P5 fase E adalah “ Kearifan Lokal “ dengan topik “ permainan tradisional ” pada projek fase E ini bertujuan untuk menggali potensi kearifan local dan memberikan pemahaman yang lebih dalam tentang pentingnya menjaga alam di tengah tangtangan zaman yang semakin komplek dan selain itu, kearifan local mencerminkan pengetahuan, nilai nilan dan tradisi. Dan juga melalui projek P5 ini di harapkan untuk dapat mengembangkan rasa cinta dan kepedulian terhadap lingkungan serta memahami cara menjaga tradisi dan kearifan local yang ada

Dan juga melalui projek P5 dengan tema kearifan lokal ini dapat membuat siswa dan siswi untuk dapat berfikir kritis dan mampu untuk menyelesaikan masalah dengan baik, serta di harapkan untuk dapat lebih menanamkan sikap gotong royong atau berkerja sama dalam menyelesaikan suatu masalah yang ada.